Memilih busana biasanya merupakan kegiatan kaum
hawa. Wanita rela berpindah dari satu butik ke butik lain untuk memilih model
dan warna yang sesuai dengan hati mereka. Jika sudah menemukannya, mereka pun
kemudian mencari butik mana yang menjual dengan harga miring. Tidak itu saja,
bahkan untuk sebagian wanita rela pindah mal hanya untuk mendapatkan harga yang
lebih murah untuk pakaian yang sudah ditaksirnya. Tentu ini adalah lumrah saja
terjadi apalagi kalau berkaitan dengan budget belanja pakaian.
Untuk
mendapatkan busana dengan harga
miring dan murah, selain di mal bisa pula didapatkan di bazaar-bazaar yang
sering diadakan di berbagai perkantoran atau pusat perbelanjaan. Kalau di
kantor, biasanya menjelang hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan Tahun
Baru. Sedangkan untuk hari-hari biasa, konsumen bisa mencari di sentra-sentra
pakaian murah seperti Tanah Abang, Pasar Klewer, Cimol Bandung atau mencari
informasi dari iklan-iklan di majalah. Biasanya beberapa merek ternama di
bulan-bulan tertentu di luar peak
seassion sering mengadakan program promosi dengan potongan harga yang cukup
tinggi. Dan ini bisa membantu mereka yang ingin belanja baju dengan alokasi
dana yang terbatas.
Selain di mal
dan bazaar, busana juga bisa dibeli
melalui toko online-toko online yang banyak bertebaran di dunia maya.
Perhatikan kredibilitas pemilik webstore tersebut apakah cukup terpercaya atau tidak.
Salah satu indikatornya adalah testimoni konsumen yang pernah berbelanja secara
daring di sana.
Selain itu perhatikan pula apakah pemilik situs baju online tersebut cukup
terbuka dalam memberikan informasi tokonya, seperti alamat, nomor telepon, nama
pemilik dan foto kiosnya. Tidak jarang para penipu di dunia maya ini hanya
memberikan nomor HP dan tidak mau mencantumkan alamat lengkapnya.
Busana yang paling mudah
didapat adalah yang pakaian anak-anak. Dibanding orang dewasa, baju anak jauh
lebih mudah mencarinya. Di beberapa kompleks perumahan bahkan ada yang membuka
usaha jual baju anak disbanding dewasa. Mungkin karena pangsa pasar baju
kategori ini masih terbuka lebar dan terserap sehingga para pengusaha UKM
berbondong-bondong mencoba mengambil ceruk pasar tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar